friskainspiration

Just other sides of my life

The Power of Time

Kelak kau kan jalani hidupmu sendiri, melewati semua kenangan yang kita lalui.

Ini adalah sepotong lirik lagu dari sebuah band yang sedang boom saat ini. Saya tidak akan membicarakan mengenai siapa band-nya. Tapi kalimat ini persis terdengar setelah saya mengakhiri pembicaraan melalui Yahoo Messenger bersama  teman kecil saya.  Chatting singkat ini seperti sebuah lorong waktu yang menuntun saya kembali ke 10 tahun lalu, ke masa saat saya SMP. Kemarin malam saya juga baru saja berbincang melalui jejaring sosial Facebook dengan teman SMA saya. Kami mengenang masa-masa tujuh tahun silam bersama. Kami tertawa, saling meledek. Padahal kami tidak pernah bertemu atau berbagi cerita sejak beberapa tahun lalu, tapi saya merasa kami punya kekuatan, kekuatan masa lalu yang bersumber dari kenangan. Semua terendap rapi di dalam otak, kemudian bangkit dengan cepat ketika terpanggil. Pembicaraan saya dan dia begitu hangat hingga sekujur tubuh.

Ada rasa rindu, haru akan masa-masa itu. Ingin kembali ke masa-masa silam, masa dimana kita semua bercerita bersama sahabat, tertawa dimanapun itu, di jalan, di bus, di telepon, kami selalu tertawa bahagia. Tak ada beban, tak ada pikiran yang merasuki otak kecuali setumpuk buku yang harus dihafal. Biasanya semua beban hafalan itupun lenyap ketika duduk bersama teman-teman. Sekali lagi, hanya ada tawa.

Semua berubah, ya semua memang pasti berubah. Setiap kita akan tumbuh. Saya masih tetap raga yang dulu. Teman-teman saya juga dengan raganya masing-masing. Namun, kita semua naik kelas, itu yang membuat kita berubah, mungkin kita lebih dewasa, lebih realistis, lebih idealis, atau pragmatis. Kita semua sama dalam tumbuh tapi kita berbeda dalam menghasilkan buah, itu karena kita adalah pohon yang berbeda, kawan. Kita punya cara masing-masing untuk mengembangkan diri, kita punya jalan yang berbeda.

Kita tak bersama ketika kita saling bebenah diri. Saya di sini, mereka di sana. Ingatkah ada masa sulit dalam hidup kita ketika kita mencari jati diri? Mencari siapa sesungguhnya diri ini, ingin menjadi apa, mencari teman yang seperti apa, kemana berpijak, dan semua pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjawab keingintahuan jiwa muda tentang siapa diri ini. Semua mencari jawaban masing-masing, semua sibuk dengan diri sendiri.

Sekarang kita bertemu. Pertanyaan sederhana, kerja dimana? Ada yang menjadi PNS, ada yang menjadi karyawan swasta ada yang menjadi ibu rumah tangga. Si itu yang pintar dari jaman sekolah ternyata masih juga pintar, si itu yang gaul sudah berubah, atau si dia yang diam kenapa sekarang bergaya harajiku? Ah, itulah, everything is changed..

Ingin sekali saya menyapa semua teman yang ada di dalam hidup saya. Walaupun hanya dengan sapaan “Apa kabar kalian, jalan hidup apa yang kau pilih, kawan?” Saya percaya keberadaan kita hidup di dunia punya peran yang saling mengisi. Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua pertemuan dan perpisahan adalah takdir Tuhan. Saya ada untuk kalian karena saya pun memilik peran atas kalian, walaupun sering terlewat sampai saya tidak peduli apa peran itu. Seringkali sibuk dengan diri sendiri, tak memberikan manfaat apapun pada orang lain.

Itulah kawan yang dinamakan kekuatan waktu, semua berubah di dunia ini, kecuali waktu. Waktu tak pernah berubah, waktu tetap berjalan seperti fungsinya. Kitalah yang berubah. Jika saya dapat kembali ke masa lalu, tak ada yang ingin saya ubah. Semua perjalanan adalah proses, tawa, canda, luka, adalah proses kehidupan seorang manusia. Saat ini saya hanya punya rindu untuk kalian, kita mungkin tak dapat bertemu, tapi saya bahagia bisa bertemu kalian di dalam kenangan saya.

Tulisan ini saya persembahkan untuk semua teman yang pernah mengisi hari-hari saya di masa kecil, teman di masa transisi, teman saat tumbuh dan teman ketika saya dewasa..

Kamu sangat berarti, istimewa di hati, selamanya rasa ini..

Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing ingatlah hari ini..

(PP)

Advertisements

January 14, 2011 - Posted by | Non Fiksi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: