friskainspiration

Just other sides of my life

Uang, uang, uang?

Saat itu saya sedang ngobrol santai dengan seorang teman tentang kehidupan pekerjaan. Obrolan ringan tapi berat, eh, gimana maksudnya? Jadi begini, teman saya waktu itu bilang kalau dia bekerja buat cari duit. Dia juga menambahkan dengan kalimat, “kita semua tak perlu munafik, semua dari kita juga kerja buat cari uang.” Well, sampai di sini apa pembaca setuju? Jika setuju silakan lanjutkan membaca tulisan saya.

Buat saya pembahasan duit di dalam dunia kerja adalah masalah paradigma. Lalu apa itu paradigma?

Paradigma adalah cara pandang seseorang terhadap diri dan lingkungannya. Paradigma berbicara tentang bagaimana seseorang memandang kehidupan dan permasalahannya.


Suatu hari suami saya pernah bilang kalimat yang mengubah paradigma saya terhadap hal di atas. Dia bilang, pekerjaan dan uang seperti sekeping mata uang. Jika kita bekerja otomatis akan mendapatkan uang. Ada tidak kerja yang tidak digaji? Semua orang yang sudah bekerja pasti mendapatkan imbalan gaji. Lalu buat apa kita mengejar sesuatu yang sudah pasti kita dapatkan, sia-sia bukan?

Ada seorang teman yang bercerita betapa malasnya ia berangkat ke kantor. Tidak punya hasrat untuk melangkah. Setiap jumat berteriak kegirangan untuk sebuah libur yang at least hanya dua hari dan itu berulang setiap minggunya. Toh, tiap sabtu-minggu kita libur kan. Setiap senin menjerit kencang di twitter karena tak sanggup menghadapi hari senin ini. Padahal senin juga berulang. Lalu buat apa setiap minggu kita teriak hal yang sama? Saya percaya hidup adalah proses, begitu juga dengan bekerja, bekerja adalah proses bukan hasil. Jika dari awal pikiran kita berkata bahwa bekerja untuk mendapat uang maka kita akan terus mengalir ke hasil pekerjaan, bukan proses. Jika uang sudah dapat di akhir bulan, lalu mau apa? Beli baju, beli sepatu, beli ini dan itu. Tujuan selesai, mission completed. Selanjutnya, bengong menghadapi tumpukan kerjaan yang setengah mati menyebalkan. Hidup hambar.

Sadar ga sih perasaan itu datang darimana? Perasaan itu datang karena sebenarnya kita sudah tau bahwa setiap bulan kita sudah pasti dapat uang, uang adalah kepastian jika kita bekerja sehingga kita merasa tak ada yang perlu diperjuangkan. Secara tidak sadar kita meng-amini bahwa sebenarnya uang tidak bisa dijadikan tujuan, tak perlu dituju, tak perlu dimimpikan sudah pasti dpat. Namun kita tidak sadar dengan hal itu. Yang ada, dalam hati pasti berkata seperti ini : Doh, ga semangat, tapi gpp deh, biar ga semangat juga tetap gajian. Sempurnalah derita hidup tanpa tujuan.

Di dalam kerja, mendapat gaji adalah kepastian dan mendapat ilmu adalah pilihan. Memang awal kita menginjakan kaki di dunia kerja adalah untuk kebutuhan materi semata, saya yakin sebagian besar dari kita akan sepakat dengan itu. Akan tetapi ketika kita sudah ada di dalamnya, apakah sesuatu yang sudah pasti itu tetap menjadi tujuan? Kita masuk ke dalam ranah yang bernama paradigma. Mengubah persepsi dan asumsi terhadap tujuan kita. Anggaplah bekerja adalah samudra ilmu. Percaya tidak percaya apa yang kita kerjakan saat ini, sekalipun itu menyebalkan, saya jamin suatu hari nanti pasti bermanfaat. Walaupun kita cuma administrasi, walaupun kita cuma jadi notulen setiap rapat, walaupun kita cuma jadi orang yang dipercaya pegang petty cash, walaupun kita cuma jadi pencari berita yang mesti lari ke sana dan ke sini, walaupun kita cuma diperes buat cari nasabah, satu yang mesti kita inget, kalau kita melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya maka kita akan jadi ‘yang terbaik’ di bidang itu. Tidak pernah ada yang salah dengan ilmu.

 

So, apapun kerjaan kamu semua, ubahlah paradigma tujuan bekerja itu. Bekerja dan uang seperti sekeping mata uang. Berdampingan. Maka carilah tujuan lain dari pekerjaan kamu.

Advertisements

March 30, 2011 - Posted by | Non Fiksi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: