friskainspiration

Just other sides of my life

Menulis. Kenapa?


Kenapa harus nulis, kenapa, kenapa? Adakah yang bisa menjelaskan?

Buat saya pribadi menulis itu hobi. Saya suka menghabiskan waktu di depan laptop karena ini adalah pelarian terbaik di saat jenuh, tempat bersandar di saat bosan, peredam amarah di saat emosi. Dan, blog saya, yang sedang kalian baca adalah tempat paling setia, darmaga terindah untuk sejenak melepaskan diri dari rutinitas raga tanpa batas.

Demi menulis saya jadi suka membaca, buat saya itu adalah satu paket tak terpisah. Saya butuh membaca karena saya perlu inspirasi dari orang-orang hebat untuk tau bagaimana mereka mengekspresikan dirinya, saya sangat ingin tau bagaimana mereka merangkai setiap kata dalam jemarinya, saya perlu belajar dari mereka bagaimana bisa menghasilkan karya, saya begitu bangga pada para penulis hebat hingga ingin tau bagaimana sebuah ide dapat merasuk dalam tataran alam mereka sehingga menghasilkan sebuah mahakarya. Saya ingin belajar menulis seperti mereka. Begitu cara saya menyampaikan hobi saya.

Tapi adakah alasan lain selain HOBI?

Di beberapa tulisan terdahulu, saya pernah menyampaikan kalau saya pernah mengikuti sebuah Workshop Penulisan yang diadakan  oleh Asma Nadia Publishing House. Banyak ilmu yang saya dapatkan disana, terutama tentang motivasi menulis. Sebuah Motivasi gila-gilaan yang tidak akan pernah saya lupa hingga kini.

Si motivator itu menanyakan sebuah pertanyaan besar yang hingga kini melekat erat dalam tempurung saya.

KENAPA KITA MENULIS? Jawabanya terangkum dalam tanya jawab di bawah ini.

Kenapa Barack Obama bisa menjadi Presiden?

Karena dia menulis seluruh pemikirannya. Banyak orang di Amerika sana yang punya pemikiran luar biasa namun tidak diabadikan dalam tulisan sehingga orang tidak pernah tau apa idenya.

Kenapa Soe Hok Gie menjadi begitu terkenal dengan julukan ‘sang demonstran’, padahal masih banyak demosntran lain yang jauh lebih baik daripada dia?

Karena Soe Hok Gie menuliskan seluruh kisah hidupnya dalam buku harian sehingga orang tau apa yang dia lakukan dan apa yang dia perjuangkan. Sedangkan demonstran lain tidak melakukan hal itu.

Kenapa Van Gogh yang seorang pelukis bisa begitu terkenal?

Karena ternyata setelah ia melukis ia selalu menuliskan seluruh isi cerita dalam lukisannya. Tulisan itu ia kirimkan kepada saudara perempuannya. Setelah pelukis itu meninggal, saudara perempuannya tersebut mem-publish seluruh surat-surat Van Gogh sehingga orang tau bahwa setiap lukisannya punya cerita.

Kenapa Kartini terkenal sebagai Pelopor Pergerakan Wanita?

Karena seluruh pemikirannya ia tuangkan ke dalam surat. Ia sering melakukan korespondensi dengan teman-temannya di luar negeri. Ketika ia sudah tiada, surat itu masih menjadi saksi pemikirannya.

Semua kita punya ide, percayalah. Tapi jika ide itu tidak dituangkan maka kita tidak akan pernah melihat buku JK Rowling, Harry Potter tidak akan pernah ada. Begitu juga dengan kita, orang tidak akan mengenal kita, tidak pernah tau siapa kita, apa pemikiran kita jika kita tidak pernah menuliskan apa yang kita rasakan dan kita pikirkan.

Awalnya kita semua bukan siapa-siapa. Namun kita menjadi ada setelah kita mampu berkata. Menulislah walau hanya dalam sebuah diary kecil, menulislah walau hanya sekelumit kisahmu, menulislah walau kau merasa tak berarti, kamu tak pernah tau suatu saat itu akan bermanfaat untuk orang lain.

Untuk seorang teman, PP,  yang mengendap seluruh tulisannya dalam PC, sebarkanlah agar orang tau apa yang kamu rasakan.

Advertisements

April 4, 2011 - Posted by | Fiksi

5 Comments »

  1. menulis itu terapi hati yang paling ampuh! :p

    Comment by Meida | April 4, 2011 | Reply

  2. tapi tulisanku kan bukan infotainment, ga diumbar plak-plakan… *ngeles*

    Comment by Meida | April 5, 2011 | Reply

  3. Baru nemuin sebuah kutipan yang cocok bgt sama tulisan di atas;

    “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah… Menulis adalah bekerja untuk keabadian. ”

    -Pramoedya Ananta Toer-

    Comment by Meida | April 8, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: