friskainspiration

Just other sides of my life

About My Student Number.. 070414024Y

Hari ini ada yang berbeda, teman-teman kuliah saya ramai mengupdate status di berbagai jejaring social dan blackberry mesanger dengan Nomor Pokok Mahasiswa atau biasa disingkat dengan NPM.  Bertanya-tanya ada apa gerangan, ternyata selidik punya selidik UI sedang ‘merayakan’ hari ILUNI UI atau Ikatan Alumni Mahasiswa UI. Saya pun latah ikut serta menuliskan NPM saya pada twitter yang kemudian di Re-twit oleh beberapa orang. 

 

 

Nomor NPM saya 07014024Y, begitu mudah mengalir walau sudah 3 tahun lamanya saya tidak pernah menuliskan deretan angka itu. Aksara itu begitu mengalun tanpa sendat, bagaikan arus air yang meluncur dari ketinggian. Tak heran memang, dulu hampir setiap saat kami menuliskan deretan  itu pada setiap kesempatan yang memerlukan identitas mahasiswa. NPM sama pentingnya dengan nama mahasiswa, sepasang tak terpisah. Menjadi bagian dari program orientasi mahasiswa baru, sejak awal masuk kampus kami saling bertukar NPM dengan mahasiswa lain, jadi tidak heran jika NPM itu sudah merasuk hingga alam bawah sadar.

 

Ingatan, kenangan.

Bukan, saya bukan hanya sekedar ingin berbagi nomor mahasiswa yang kini sudah tak berguna itu, tapi tahukah bahwa ada rasa yang berbeda ketika saya mengetik nomor itu? Perasaan saya seperti terseret ke beberapa tahun silam saat saya menuliskan nomor itu pada lembar-lembar absen siswa, mendadak ada bayangan kelas-kelas mungil itu, kursi-kursi lipat itu, suara sendu AC yang tertempel di dinding, semua menjadi sejarah kehidupan kemahasiswaan saya, pelan-pelan satu persatu masuk ke dalam visualisasi saya, masa-masa paling berharga yang pernah dilalui. Entahlah, tapi kenyataannya saya selalu bahagia ketika mengingat masa perkuliahan, apakah itu hanya saya atau semua orang yang pernah menjadi mahasiswa juga merasa seperti itu? Jika ingat masa kuliah hanya ada rasa senang, suka, ceria, tawa, yah..remaja.

 

Empat tahun bersama tanpa konflik berarti, saya merasa seperti memiliki 50 orang sahabat. Tak pernah habis syukur jika mengingat saya bisa dipertemukan dengan teman kuliah yang berupa ragam namun memiliki berjuta karakter dan selera humor yang tak pernah padam kapanpun dimanapun.  Juga memiliki kemampuan intelektual yang baik, pemikiran yang luas dan pergaulan yang aman. Komplit, paket lengkap, tak kurang apapun. Dari  mulai begadang bersama, mengerjakan tugas, hingga ke puncak bersama untuk melaksanakan inisiasi. Ah, rasanya kangen sekali jika ingat masa-masa kuliah saya. Tak ada pertemanan seindah yang pernah saya jalani bersama teman-teman kuliah saya.

 

Hehe, saya jadi mellow deh, ini semua gara-gara NPM.

NPM yang selalu melekat pada diri saya, hingga kapanpun..

NPM yang menandakan saya pernah menjadi bagian dari Universitas Indonesia..

NPM yang saya miliki karena hasil perjungan..

NPM yang menyatukan saya dengan kamu, kalian dan mereka..

NPM yang karenanyalah saya memiliki semua yang terbaik dalam hidup saya…

 

Suka cita masa silam terlukis di hari ini.

Advertisements

July 17, 2011 - Posted by | Non Fiksi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: