friskainspiration

Just other sides of my life

bertahan saja cukup

Sesusah susahnya ilmu adalah ikhlas. Ikhlas itu ditempa musibah kayak apapun kita masih bisa tetap senyum dan berpikir jernih. Kadang kita bisa ikhlas di satu kejadian tapi pada peristiwa lain kita merasa sesak untuk mengikhlaskan…
Sudah lulus belum kalau begitu ilmu ikhlasnya? Belum.

Jatuh bangun menghadapi hidup sudah saya lalui sejak kecil, terlahir dari orang tua wiraswasta, ekonomi kami naik turun, jatuh bangun, pernah tersungkur sampai ke lubang paling dalam. Pernah merasakan bayar kuliah dari hasil kerja sendiri, beasiswa dan juga bantuan keringanan biaya pendidikan. Ngajar ke sana ke mari, dari anak sd sampai sma pernah saya jalani. Dari sejak sekolah saya sudah biasa mengajar. Duit kurang? Sering. Susah mau makan enak? Sering banget.

Apakah orang lain tau seberapa kuat saya berjuang? Engga. Saya tidak pernah mengeluh, tidak pernah nangis di depan seorang teman pun bahkan di depan orang tua saya. Satu-satunya tempat saya menumpahkan beban saya hanya sajadah.
Saya terus berjalan, tidak menyerah, menyelesaikan kuliah hinggap selesai dan kembali berjuang untuk menebus semua rasa ngilu yang pernah saya rasakan.
Apa saya bisa berjalan menyelesaikan semuanya karena saya ikhlas? Tidak, belum lebih tepatnya.

Lalu apa yang membuat saya terus berjalan?
Pernah merasakan rasanya sakit gigi? Apa rasanya? Ngilu, nyut nyutan, bikin bad mood, bikin pingin marah-marah. Sudah ke dokter tapi toh rasanya masih tidak bisa hilang. Lalu apa yang kita lakukan? Bertahan. Iya, hanya itu yg bisa kita lakukan.

Seperi itu juga yang saya lakuan, bertahan. Bertahan belum sampai titik ikhlas. Tapi dengan bertahan kita bisa terus hidup.

Apakah cukup dengan bertahan? Jika kita tidak mampu mencapai ikhlas maka bertahan saja sudah cukup.

Advertisements

May 16, 2013 - Posted by | Fiksi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: