friskainspiration

Just other sides of my life

Gentle Birth Part 3 – Selesai

Ini postingan penutup saya tentang Gentle Birth ya. Saya hanya mau menyampaikan kesimpulan aja . Gentle Birth itu pilihan, lahir non GB juga pilihan. Saya ga menjustifikasi GB paling baik dan paling oke. Kadang ada juga ibu-ibu yang main jeplak dengan bilang GB ini kok semacam gak percaya dokter, memarjinalkan oprasi caesar, terlalu kepedeean bisa melakukan sendiri. Bagi yang punya pendapat begitu silakan aja, tapi para penggerak GB gak ada niatan seperti itu. Caesar juga opsi kok, para praktisinya juga mengakui bahwa oprasi caesar adalah penemuan terhebat dalam dunia medis.  Banyak sekali ibu yang tertolong berkat caesar, hanya saja yang dikritisi adalah ketepatannya. Dalam hal ini berarti kritikan bukan tertuju pada IBU tapi pada sebagian tenaga medis. SEBAGIAN, saya katakan sekali lagi SEBAGIAN,  ada dokter yang memutuskan pasiennya untuk caesar dengan alasan yang kurang tepat. Tidak semua tenaga medis seperti itu loh.

Ini sih beberapa tanggapan orang-orang yang nyinyir duluan tanpa paham substansi yang ingin disampaikan oleh Gentle Birth.

Tapi gak semua dokter gitu kok!

Iya  makanya saya bilang Sebagian!

Saya juga oprasi caesar tapi karena memang kondisinya gak bisa normal!

Ya gak papa, bagus dong. Bukannya tujuan caesar untuk itu, membantu ibu dan bayi dalam kondisi-kondisi yang gak memungkinkan.

Caesar juga sakit kok!

Loh, yang bilang engga sakit siapa? Gak pernah tuh dipermasalahin objeknya. Setiap Ibu mulia mau dengan apapun cara melahirkannya. Gak ada juga kan undang – undang yang ngatur syarat-syarat jadi ibu salah satunya harus lahiran normal. Hamil, melahirkan, menyusui dan membesarkan adalah perjuangan, semua penuh tantangan, jadi gak bener juga kalau ada statement ‘kalau belum lahiran normal belum jadi ibu’ < — Trus jadi apa? Jadi bapak?

Yang  jadi sorotan kan sebagian tenaga medisnya yang kadang suka ambil keputusan kurang tepat. GB ini justru memperjuangkan para ibu bukan menyudutkan.

Dan masih banyak lagi pro kontra lainnya dengan gentle birth ini. Pertanyaannya, apa sih di dunia ini yang gak pro kontra?? Ada? Enggak.

So, balik lagi ini PILIHAN ya, saya caps lock kata ‘pilihan’ supaya jelas kalau hal ini ga perlu diperdebatkan..

Sekian share dari saya, semoga bermanfaat yaaa…  🙂

 

 

 

December 1, 2012 Posted by | Non Fiksi | 4 Comments